Sunday 21 September 2014

Sejarah Singkat Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu

Imau Tapong - Kecamatan Kepenuhan merupakan salah satu Kecamatan yang tergabung dalam sebuah Kabupaten Baru yang dinamakan Kabupaten Rokan Hulu atau biasa disingkat dengan Kabupaten ROHUL. Kabupaten Rokan Hulu terletak ditengah pulau Sumatera disebelah utara Bukit Barisan tepatnya pada posisi 00 25” 20” LU – 010 25” 41” LU dan 1000 02” 56” 59” BT dengan luas wilayah sekitar 646.317 Km persegi dengan kondisi morfologi bervariasi dari daratan alluvial sampai dengan vulkanik yang terjal dibagian Barat, bagian Barat kemiringan lebih dari 40% dengan luas sekitar 99.135 Ha dan kemiringan 15 s/d 40% dengan luas 53.578 Ha sedangkan kemiringan antara 2 s/d 15% seluas 13.266 Ha selebihnya sekitar 360.943 Ha dengan kemiringan 0 s/d 2%.

Kabupaten Rokan Hulu berbatasan dengan :

a. Sebelah Utara dengan Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Rokan Hilir.

b. Sebelah Timur dengan Kecamatan Tapung (Kabupaten Kampar), Kecamatan Mandau (Kabupaten Bengkalis), Kecamatan Minas (Kabupaten Siak), dan Kecamatan Bangkinang (Kabupaten Kampar).

c. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan XIII Koto Kampar (Kabupaten Kampar) dan Provinsi Sumatera Barat.

d. Sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Utara.

Wilayah Kabupaten Rokan Hulu memiliki 3 sungai besar disamping beratus-ratus sungai kecil yang dijadikan masyarakat tempatan sebagai sumber kehidupan sehari-hari. Sungai tersebut yaitu Sungai Rokan Kanan, Sungai Rokan Kiri dan Batang Sosah yang bermuara kesungai Rokan bagian Hilir dengan panjang lebih kurang 100 Km, kedalaman rata-rata 6-8 meter serta lebar 92 meter (luas 13.177km2).

Daerah Rokan Hulu merupakan daratan rendah sampai sedang yang terletak dibagian timur deretan bukit barisan yang dikenal dengan masyarakat Rokan Hulu dengan nama Bukit Simerah Lembu atau Simolombu yang bagi sang petualang alam selalu mendambakan bungkulan bukit itu untuk dapat diraih. Kabupaten Rokan Hulu kaya akan budaya yang unik dari berbagai kelompok etnis yang tinggal didaerah ini sejak 1979 setelah dijadikan salah satu daerah tujuan transmigrasi oleh pemerintah Republik Indonesia.

Penduduk Kabupaten Rokan Hulu ramah tamah dengan budaya melayu yang adaptif akan memberikan kenyamanan untuk berkunjung selagi tidak bertentangan dengan agama yang dikenal dengan Melayu yaitu Identik dengan agama Islam.
No comments :
Sejarah Singkat Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu Reviewed by Unknown on Sunday, September 21, 2014 Rating: 4,5

No comments :

Post a Comment