Tuesday 23 September 2014

Latar Belakang Berdirinya Kecamatan Kepenuhan

Imau Tapong - Kecamatan Kepenuhan pada awalnya merupakan sebuah Wali Negeri yang dipimpin oleh seorang Wali Negeri bernama Bapak Bahri yang memimpin pada tahun 1950 dirubahlah bentuk pemerintahnya menjadi Kecamatan dengan nama Kecamatan Kepenuhan dengan Ibu Kotanya Kota Tengah. Camat Kepenuhan yang pertama memerintah di Kecamatan Kepenuhan adalah Bapak Rahman dengan masa kepemimpinan selama 3 tahun yaitu mulai tahun 1950 s/d 1953.

Diberikan nama Kecamatan Kepenuhan adalah berdasarkan kesepakatan dari seluruh lapisan masyarakat, alim ulama, cerdik pandai dan tokoh masyarakat yang diilhami dari sebuah nama sungai yang bernama Sungai Kepenuhan, terletak di ujung kampung yang bernama Kota Tengah. Berdasarkan hal tersebut disepakati juga Ibu Kota Kecamatan Kepenuhan adalah Kota Tengah. Kecamatan Kepenuhan pada mulanya berinduk kepada Kabupaten Kampar dengan Ibu Kota Bangkinang. Pada waktu itu Bupatinya adalah Datuk Aroen Syah dengan patihnya adalah Bapak Rahman.

Namun sejak keluarnya Undang-Undang Otonomi Daerah UU No. 22 Tahun 1999 yang dijabarkan oleh UU. No. 53 Tahun 1999 Junto UU. No. 11 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten dan Kota yang baru maka Kecamatan Kepenuhan tidak lagi dibawah Pemerintah Kabupaten Kampar akan tetapi termasuk salah satu Kecamatan dibawah Pemerintahan Kabupaten Rokan Hulu dengan Ibu Kotanya Pasir Pengarayan. Yang saat itu dipimpin oleh seorang Bupati bernama Bapak Ramlan Zas dan Wakil Bupatinya yaitu Bapak Auni M. Noor, kemudian setelah itu oleh Kabupaten Rokan Hulu dipilih pulalah Buapatinya adalah Drs.H.ACHMAD, M.Si dan Wakil Bupatinya yaitu Letjen SUKIMAN. Dan sampai saat ini Bapak Drs.H.ACHMAD, M.Si tetap menjabat sebagai Bupati Kabupaten Rokan Hulu untuk periode kedua dan wakil Bupati nya adalah H HAFITH SYUKRI MM

Kecamatan Kepenuhan membawahi beberapa Desa dan satu Kelurahan, yang pada masa sebelum keluarnya Undang-Undang Otonomi Daerah Kecamatan Kepenuhan hanya terdiri dari 5 Desa yang tersebar disepanjang jalan Kabupaten. Yaitu Desa Kepenuhan Hulu, Desa Kepenuhan Barat, Desa Kepenuhan Tengah, Desa Kepenuhan Timur dan Desa Kepenuhan Hilir. Namun setelah bergulirnya Otonomi Daerah maka Desa-Desa tersebut terpecah menjadi 1 Kelurahan dan 9 Desa. Yaitu Kelurahan Kepenuhan Tengah, Desa Kepenuhan Hulu, Desa Muara Jaya, Desa Kepenuhan Jaya, Desa Kepenuhan Barat, Desa Kepenuhan Raya, Desa Kepenuhan Baru, Desa Kepenuhan Timur, Desa Kepenuhan Hilir, Desa Rantau Binuang Sakti.

Dan saat ini Rokan Hulu pun sudah melakukan pemekaran dibeberapa Kecamatan karena pertimbangan jumlah penduduk yang semakin meningkat. Maka saat inipun Kecamatan Kepenuhan telah dipecah menjadi dua Kecamatan yaitu Kecamatan Kepenuhan dan Kecamatan Kepenuhan Hulu. Kecamatan Kepenuhan Hulu terdiri dari 4 Desa yaitu Desa Muara Jaya, Desa Kepenuhan Jaya, Desa Pekan Tebih, Desa Kepayang. Sedangkan Kecamatan Kepenuhan terdiri dari 1 Kelurahan dan 12 Desa yaitu Kelurahan Kepenuhan Tengah, Desa Barat Mulia, Desa Kepenuhan Barat, Desa Sei. Rokan Jaya, Desa Kepenuhan Raya, Desa Kepenuhan Baru, Desa Kepenuhan Sejati, Desa Kepenuhan Makmur, Desa Kepenuhan Timur, Desa Kepenuhan Hilir, Desa Ulak Patian dan Desa Rantau Binuang Sakti, Desa Kepenuhan Sejati dan Desa Kepenuhan Makmur. Dan Desa Kepenuhan Sei Mandian.

Dan sampai saat ini Kecamatan Kepenuhan telah mengalami tiga kali pemekaran, yang hal ini dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang semakin meningkat. Baik penduduk asli tempatan maupun penduduk pendatang yang menetap di Kecamatan Kepenuhan. Karena kenyataannya saat ini warga perantau sangat banyak sekali di Kecamatan Kepenuhan. Hal ini dikarenakan di Kecamatan Kepenuhan ada terdapat 5 Desa Persiapan transmigrasi yang menampung warga pendatang. Yang mana satu Desa Persiapan Transmigrasi berjumlah 500 Kepala Keluarga yang didatangkan dari pulau Jawa, Aceh dll.

Kecamatan Kepenuhan mempunyai luas daerah sekitar ± 577,29 km2 sebahagian besar merupakan daerah perkebunan kelapa sawit masyarakat.

Sumber : http://kepenuhan.rokanhulukab.go.id
No comments :
Latar Belakang Berdirinya Kecamatan Kepenuhan Reviewed by Unknown on Tuesday, September 23, 2014 Rating: 4,5

No comments :

Post a Comment